Kemaren ga tau kenapa, lg kepengen banget bikin (masak sendiri bukan beli ^.^) cumi bakar. Walhasil akhirnya googling dan blog walking buat nyari resep cumi bakar di internet dan akhirnya menemukan yang sesuai dengan selera hati, tapi tenang2 resepnya ga di copy paste kok, wong gw Cuma liat2 beberapa resep yang cihui trus diinget2 di kepala dan di mix ini itu sesuai selera. Hasilnya hmmm….lumayan lah, memuaskan selera hati tapi kurang maknyus karena bakarnya ga bisa pake arang hehehe…Cuma di bakar di kompor😀. Nah resepnya yang kemaren dicobain itu adalah :

Bahan :

4 ekor cumi ukuran sedang

1 jeruk nipis

 

Bumbu :

5-6 bawang merah

5-6 bawang putih

1cm jahe

2-3 cabe merah (kalo yang suka pedes)

3 sdm saus tomat (kalo yang suka pedes bisa diganti pake saus pedes :-D)

3 sdm kecap manis

Garam secukupnya

 

Cara membuat :

Cuci bersih cumi kemudian beri air jeruk nipis setelah itu diamkan selama 10-15 menit. Haluskan bumbu, kemudian aduk bumbu dengan cumi dan diamkan 15 menit di lemari es, kalo ga ada lemari es ya sebentar aja jangan lama-lama ntar cuminya bau lagi😀, trus berhubung ga punya bakaran arang, jadinya cumi diungkep dulu bersama bumbu dan tambahkan air sedikit saja jangan banyak2, karena cumi setelah direbus akan mengeluarkan air. Setelah ¾ mateng, angkat cumi lalu bakar sesuai selera.

 

Nb : cepet pulang ke bandung toil, ntar dimasakin tumis kangkung special ala Ratih😀 plus udang balur/udang asin pedes (tergantung mood yang masak hehe) yang maknyus😀